Rangkaian Tone Control Stereo 3 Nada

| Rating: 4.9 | Rangkaian Amplifier, Rangkaian Elektronika

Rangkaian stereo tone control pada gamabr dibawah dapat digunakan untuk mengontrol 3 nada (nada bass, nada midrange dan nada treble) pada sistem audio. Rangkaian tone control stereo ini menggunakan operasional amplifier (Op-Amp) IC tipe TL072 atau dapat juga menggunakan IC NE5532. Rangkaian tone control stereo pada artikel ini adalah tone control jenis baxandall aktif dengan penguat 1 tingkat menggunakan Op-Amp IC TL072 atau NE5532. Rangkaian tone control stereo 3 nada ini membutuhkan sumber tegangan DC simetris ± 15 volt DC. Rangkaian lengkap beserta daftar komponen untuk membuat rangkaian tone control stereo 3 nada ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Tone Control Stereo 3 Nada

Rangkaian Tone Kontrol Stereo 3 Nada,skema tone control 3 nada,rangkaian tone control 3 nada,tone control 3 way,stereo tone control 3 nada,tone control stereo 3 way,membuat tone control 3 nada,membuat stereo tone control,rangkaian tone control stereo ic,tone control stereo ic,tone control 3 nada ic,tone control 3 way ic,ic tone control stereo,ic tone control 3 nada,diagram tone control stereo,diagram tone control 3 nada

Rangkaian tone stereo tone control 3 nada diatas dapat memberikan penguatan sinyal audio ±18 dB/ oktaf untuk tiap jalur pengaturan nadanya. Rangkaian tone control stereo 3 nada diatas terdiri dari 2 bagian utama yaitu.

Bagian filter baxandall, yaitu bagian pengatur nada yang terdiri dari pengatur nada bass  dengan kontrol pengatur penguatan nada bass menggunakan potensiometer 100 KOhm pada jalur Low. Kemudian pengatur nada midle atau midrange yang dikontrol menggunakan potensiometer 100 KOhm pada jalur nada midle. Dan pengatur nada treble yang pengaturan penguatan nada trebel ini dikontrol menggunakan potensiometer 470 KOhm pada jalur nada high.

Bagian penguat, yaitu bagian penguat sinyal menggunakan operasional amplifier (Op-Amp) IC tipe TL072 atau NE5532 yang berfungsi menguatkan sinyal dari rangkaian filter baxandal dengan umpan balik (feedback).

Untuk keperluan seting nada pada rangkaian tone control 3 nada ini dapat dilakukan dengan mengganti nilai komponen yang digunakan sesuai dengan titik cut-off nada yang diinginkan.

Untuk seting nada bass dapat diatur dengan mengautr nilai kapasitor 47nF atau R 10 KOhm pada pin tengah potensiomenter nada bass. Untuk seting nada midrange dapat dilakukan dengan mengatur nilai kapasitor 22 nF pada kontrol nada midrange. Kemudian untuk mengatur titik cut-off nada treble dapat dilakukan dengan mengatur nilai kapasitor 4,7 nF pada pin tengah potensiometer nada treble. Pengaturan nilai komponen pada rangkaian tone control stereo diatas sudah dapat menetukan titik center tiap nada yang diatur sesuai keinginan pada rangkaian tone control stereo 3 nada diatas.

skema tone control, skema tone control stereo, rangkaian tone control, tone control stereo, skema rangkaian tone control, skema tone control sederhana, skema tone control 3 nada, rangkaian tone control 3 nada, Skema tone kontrol, membuat tone control

Share Artikel : "Rangkaian Tone Control Stereo 3 Nada"

2 Komentar Untuk Artikel " Rangkaian Tone Control Stereo 3 Nada" »

  • febri says:

    bagaimana cara memasukan 15volt kedalamnya… apakah langsung menuju ic tanpa disertai resistor…?

  • Akhmad kosasih says:

    tolong kirimkan pcb tsb tone control bass aktive ke email ini atau brp harga tone control tsb utk saya rangkaian menjadi satu unit PA…stereo….saya tunggu balasannya thx.

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Tone Control Stereo 3 Nada"

4+7= (Plus)