Rangkaian Timer Dengan IC 555

| Rating: 4.9 | Peralatan Elektronika, Rangkaian Elektronika

Timer adalah alat pewaktu yang sering digunakan untuk menentukan waktu hidup atau matinya peralatan yang dikontrol oleh timer tersebut. Rangkaian timer dengan IC 555 merupakan pewaktu elektronik yang dapat digunakan untuk menentukan waktu hidup atau matinya serta suatu perangkat elektronik yang lain. Rangkaian timer ini menggunakan relay sebagai interface antara timer dengan perangkat yang dikontrol oleh timer tersebut. Rangkaian timer dengan IC 555 ini dapat dioperasikan dengan tegangan DC 5 volt hingga 12 volt tergantung dari relai yang digunakan.Rangkaian timer menggunakan IC 555 ini sangat sederhana, karena IC 555 merupakan IC yang didesai khusus untuk keperluan timing dan pembangkit pulsa. Rangkaian lengkap dari timer menggunakan IC 555 dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Timer Menggunakan IC 555

rangkaian timer 555,rangkaian timer dengan IC 555,timer 555,pewaktu IC 555,rangkaian timer IC555,skema timer IC 555,membuat timer IC 555,merakit timer IC 555,fungsi timer,kelebihan timer IC 555,timer sederhana,lamanya timer,waktu timer,menentukan waktu timer,cara kerja timer ic 555,aplikasi timer,keungguln timer 555,timer 555 dengan relay,timer 555 dengan batere,tegangan kerja timer 555

Rangkaian timer menggunakan IC 555 pada gambar diatas terdiri dari bagian pemberi triger, penentu waktu hidup matinya timer dan bagian beban (relay) atau inteface ke perangkat yang dikontrol. Fungsi dan prinsip kerja dari bagian timer menggunakan IC 555 pada gambar diatas adalah sebagai berikut.

Bagian pemberi triger, adalah konfigurasi antara R100K dengan saklar S1 yang berfungsi untuk memberikan triger ke IC 555 sebagai tanda proses timing dimulai.

Bagian penentu waktu timing, merupakan konfigurasi antara VR 1MOhm dan kapasitor 10 uF yang berfungsi untuk menentukan waktu atau lamanya timer akan ON atau OF. Dimana lamanya waktu ON atau OFF nya timer ditentukan oleh waktu proses pengisian kapasitor C 10 uF yang ditentukan oleh nilai kapasitansi kapasitor 10 uF dan nilai resistansi VR 1 MOhm tersebut.

Bagian beban, adalah relay yang berfungsi untuk menghubungkan antara relay dengan perangkat yang dikontrol.  Relay ini juga berfungsi sebagai isolator antara kelistrikan timer dengan kelistrikan perangkat yang dikontrol Timer dengan IC 555 ini. Pada relay dipasang dioda yang diparalel secara reverse bias, dioda ini berfungsi untuk menyerap tegangan induksi dari induktor relay pada saat dihidupkan dan dimatikan sehingga tidak mempengaruhi sistem kelistrikan rangkaian timer menggunakan IC 555 ini.

rangkaian timer, rangkaian timer 555, skema rangkaian timer, rangkaian timer menggunakan ic 555, keunggulan IC 555, membuat timer dengan ic 555, skema timer ic 555, rangkaian timer 5 detik, Skema timer elektronik, rangkaian timer ic555

Share Artikel : "Rangkaian Timer Dengan IC 555"

1 Komentar Untuk Artikel " Rangkaian Timer Dengan IC 555" »

  • Rachmat says:

    saya pengen membuat rangkaian apabila arus on maka lampu tidak langsung menyala,jangka 3 atau 5 detik baru nyala, mohon bimbingannya… terima kasih…

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Timer Dengan IC 555"

1+9= (Plus)