Rangkaian Timer Dengan IC 555

| Rating: 4.9 | Peralatan Elektronika, Rangkaian Elektronika

Timer adalah alat pewaktu yang sering digunakan untuk menentukan waktu hidup atau matinya peralatan yang dikontrol oleh timer tersebut. Rangkaian timer dengan IC 555 merupakan pewaktu elektronik yang dapat digunakan untuk menentukan waktu hidup atau matinya serta suatu perangkat elektronik yang lain. Rangkaian timer ini menggunakan relay sebagai interface antara timer dengan perangkat yang dikontrol oleh timer tersebut. Rangkaian timer dengan IC 555 ini dapat dioperasikan dengan tegangan DC 5 volt hingga 12 volt tergantung dari relai yang digunakan.Rangkaian timer menggunakan IC 555 ini sangat sederhana, karena IC 555 merupakan IC yang didesai khusus untuk keperluan timing dan pembangkit pulsa. Rangkaian lengkap dari timer menggunakan IC 555 dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Timer Menggunakan IC 555

rangkaian timer 555,rangkaian timer dengan IC 555,timer 555,pewaktu IC 555,rangkaian timer IC555,skema timer IC 555,membuat timer IC 555,merakit timer IC 555,fungsi timer,kelebihan timer IC 555,timer sederhana,lamanya timer,waktu timer,menentukan waktu timer,cara kerja timer ic 555,aplikasi timer,keungguln timer 555,timer 555 dengan relay,timer 555 dengan batere,tegangan kerja timer 555

Rangkaian timer menggunakan IC 555 pada gambar diatas terdiri dari bagian pemberi triger, penentu waktu hidup matinya timer dan bagian beban (relay) atau inteface ke perangkat yang dikontrol. Fungsi dan prinsip kerja dari bagian timer menggunakan IC 555 pada gambar diatas adalah sebagai berikut.

Bagian pemberi triger, adalah konfigurasi antara R100K dengan saklar S1 yang berfungsi untuk memberikan triger ke IC 555 sebagai tanda proses timing dimulai.

Bagian penentu waktu timing, merupakan konfigurasi antara VR 1MOhm dan kapasitor 10 uF yang berfungsi untuk menentukan waktu atau lamanya timer akan ON atau OF. Dimana lamanya waktu ON atau OFF nya timer ditentukan oleh waktu proses pengisian kapasitor C 10 uF yang ditentukan oleh nilai kapasitansi kapasitor 10 uF dan nilai resistansi VR 1 MOhm tersebut.

Bagian beban, adalah relay yang berfungsi untuk menghubungkan antara relay dengan perangkat yang dikontrol.  Relay ini juga berfungsi sebagai isolator antara kelistrikan timer dengan kelistrikan perangkat yang dikontrol Timer dengan IC 555 ini. Pada relay dipasang dioda yang diparalel secara reverse bias, dioda ini berfungsi untuk menyerap tegangan induksi dari induktor relay pada saat dihidupkan dan dimatikan sehingga tidak mempengaruhi sistem kelistrikan rangkaian timer menggunakan IC 555 ini.

rangkaian timer, rangkaian timer 555, skema rangkaian timer, keunggulan IC 555, skema timer ic 555, rangkaian timer menggunakan ic 555, Skema timer elektronik, membuat timer dengan ic 555, rangkaian timer 5 detik, rangkaian timer ic555

Share Artikel : "Rangkaian Timer Dengan IC 555"

12 Komentar Untuk Artikel " Rangkaian Timer Dengan IC 555" »

  • Sigit JS says:

    *Mantap sgt bermanfaat. Boss tolong bantu, sy kurang memahami elektronika tp sgt memerlukan rangkaian berikut : RANGKAIAN TIMER yg dipasang stelah charger Nok** (klo tdk salah 5 Volt). Charger tsb akan sy hubungkan dg suatu motor kecil. Mohon diberi petunjuk agar timer mpy sifat
    1. Mengalirkan arus listrik dg interval 1 jam
    2. Mengalirkan arus listrik hanya selama 20 detik sj
    (maksud sy ntinya motor akan berputar selama 20 detik setiap 1 jam/dg jarak 1jam)
    **

  • Sigit JS says:

    **Tolong ya boss komponen apa sj dan skema rangkaian yg jelas krn sy awam elektronika. Misal perlu IC, resistor dll serinya apa, satuannya berapa ?
    ( mohon diemail ke sigit.js@gmail.com )
    Tmks

  • Ramdhan Mohune says:

    mas nilai diode yang di pararel dengan relay berapa?

  • syaiful anas says:

    Mas gimana kalau bikin timer, 50 jam baru hidup (aktif), untuk tegangan suplay 24volt mas? Ini untuk membantu pekerjaan saya mas….. Makasih sebelumnya…….

  • Bawono says:

    Terima kasih sangat membantu saya , namun karena saya bukan di bidangnya jadi tidak begitu memahami tentang gambar dan kode kode itu , Mohon pencerahannya .., saya ingin memberi timer pada Mainan Mobil Aki ( Mobil mainan yang pakai Battery kering 6 volt, 2000mah, dan Mainan itu terdapat dynamo juga ,yang saya inginkan , bagaimana cara agar pada saat Motor mainan tersebut di hidupkan , dalam kurun waktu 10 menit , mati sendiri , dan akan hidup kembali apabila kita tekan sakar atau alat tertentu , Mohon pencerahanya .., Thank
    Bawono ( bawono77@gmail.com

  • sidik says:

    agan yang baik…tolong kasih tau layoutnya donk. saya masih awam masalah elektronik.akan saya pergunakan rangkaian timer ini untuk belajar..

  • heri says:

    saya punya masalah dg saklar manual…saya ingin saklar otomatis yang bekerja flip flop (tanpa saklat start), dimana sakalar akan on sendiri dalam waktu 30 menit dan off sendiri dalam waktu yang sama(30menit)…, apa saja yg perlu dirubah pada rangkaian diatas…terima kasih

  • rido says:

    mas, mw nnya, cpasitor 0,01mF diatas jenis nya milar atau keramik, dan apa fungsi ny?
    terimakasih.

  • kharisma says:

    Thanks gan … work rangkaiannya

  • Trisno says:

    Boss minta info untuk membuat Timer Coin pengontrol odong2, supaya bergerak selama 3menit,setelah dimasukkan koin. Bagaimana rangkaiannya dan apa saja yang dibutuhkan,makasih sebelumnya.

  • rood says:

    infonya cukup inspiratif, kalo di set untuk menghidupkan lampu tiap 2-4 jam bisa gak, caranya gimana? trus kalo bisa sekalian sma detail komponen yg hrus di beli & skemanya gan tolong di kirim via email soalnya sya butuh timer yg sprti itu. makasih sebelumnya.

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Timer Dengan IC 555"

5+9= (Plus)