Rangkaian Speaker Protector Power Amplifier OCL BGR

| Rating: 4.9 | Rangkaian Amplifier

Rangkaian speaker protektor berfungsi untuk melindungi speaker yang terhubung ke power amplifier dari lonjakan tegangan sesaat pada saat power amplifier dihidupkan dan dari kebocoran arus DC dari power amplifier. Rangkaian speaker protektor ini dapat memberikan waktu tunda terhubungnya load speaker ke amplifier dan dapat mendeteksi arus DC pada jalur output power amplifier. Rangkaian speaker protektor ini telah dilengkapi dengan regulator tegangan 7812 sehingga dapat diberikan sumber input AC dari transformer CT yang digunakan untuk power amplifier. Rangkaian dan daftar komponen untuk membuat speaker protektor power amplifier OCL ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Speaker Protector Power Amplifier OCL BGR

Speaker Protektor Untuk Power OCL BGR,rangkaian speaker protektor power OCl,rangkaian speaker protektor powe BGR,speaker protektor,skema speaker protektor,rangkaian speaker protektor power amplifier,speaker protektor dari arus DC,skema speaker protektor dari arus DC,speaker protektor lonjakan tegangan,membuat speaker protektor,merakit speaker protektor,speaker protektor power OCL,speaker protektor power besar,speaker protektor power push pull

Rangkaian speaker protektor diatas terdiri dari 3 bagian utama yang dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Bagian detektor arus DC, bagian ini berfungsi untuk mendeteksi arus DC pada output power amplifier dan mencegah arus DC tersebut masuk ke load speaker. Rangkaian detektor arus DC tersebut dibangun dengan rangkaian dioda 1N4148 yang dirangkai jembatan (bridge) dan transistor C828 pertama.
  • Bagian penunda (delay), bagian ini berfunsi untuk memberikan waktu tunda terhubungnya load speaker ke power amplifier pada saat pertama kali dihidupkan. Rangkaian ini dibangun dengan rangkaian timer kapasitor sederhana untuk menggerakan transistor. Komponen pad rangkaian penunda ini adalah konfigurasi RC dan transistor C828 ke dua.
  • Bagian kontaktor, bagian ini berfungsi untuk menhubungkan power amplifier dengan load speaker menggunakan relay DC 12 volt. RangkaianĀ  untuk membangun bagian ini adalah transistor D438 dan relay 12 volt DC.

Lonjakan tegangan power amplifier ini terjadi pada power amplifier dengan mode Push Pull baik itu OCL dan BTL. Lonjakan tegangan ini sangat berbahaya bagi speaker karena dapat merusak coil (kumparan induksi) speaker. Arus DC yang bocor dan menglair ke speaker juga harus dihindari karena akan merusak coil (kumparan induksi) speaker, pada saat arus DC masuk ke coil speaker maka coil tersebut akan terbakar karena arus DC adalah arus continyu.

speaker protektor, skema speaker protektor, skema speaker protector, yhs-004, speaker protector, speaker protektor sederhana, rangkaian protektor amplifier, skema rangkaian speaker protector, skema protector speaker, rangkaian speker protektor

Share Artikel : "Rangkaian Speaker Protector Power Amplifier OCL BGR"

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Speaker Protector Power Amplifier OCL BGR"

4+7= (Plus)