Rangkaian Sirine Polisi Dengan IC NE555

| Rating: 4.9 | Rangkaian Elektronika

Rangkaian sirine polisi merupakan sirine dengan 2 nada yang berbeda dan saling bergantian. Untuk membuat sirine polisi diperlukan 2 pembangkit nada yang saling berhubungan agar dapat menghasilkan nada yang berbeda dan bergantian. Rangkaian sirene polisi ini dibangun menggunakan 2 buah IC NE555 yang diset sebagai pembangkit nada yang bebeda dan saling berhubungan. Rangkaian sirine polisi yang dibuat dengan 2 buah IC NE555 ini dapat dinyalakan dengan sumber tegangan DC +5V hingga +15V. Gambar skema dan daftar komponen untuk membuat rangkaian sirine polisi dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Sirine Polisi Dengan IC NE555

Rangkaian Sirine Polisi Dengan IC NE555,skema Sirine Polisi Dengan IC NE555,Sirine Polisi Dengan IC NE555,membuat Sirine Polisi Dengan IC NE555,PCB Sirine Polisi Dengan IC NE555,cara membuat Sirine Polisi Dengan IC NE555,cara merakit Sirine Polisi Dengan IC NE555,cara seting Sirine Polisi Dengan IC NE555,cara pasang Sirine Polisi Dengan IC NE555,harga Sirine Polisi Dengan IC NE555,klakson sirine polisi,membuat Sirine Polisi Dengan IC NE555,merakit Sirine Polisi Dengan IC NE555,modul Sirine Polisi Dengan IC NE555,kit Sirine Polisi Dengan IC NE555,harga Sirine Polisi,jual Sirine Polisi,kit Sirine Polisi,memasang Sirine Polisi di motor,seting Sirine Polisi,membuat Sirine Polisi,merakit Sirine Polisi,skema Sirine Polisi,rangkaian Sirine Polisi,PCb Sirine Polisi,pasang Sirine Polisi,Sirine Polisi untuk motor,Sirine Polisiu untuk mobil,variasi klakson dengan Sirine Polisi

Rangkaian sirine polisi dengan 2 IC NE555 pada gambar rangkaian diatas merupakan gabungan dari 2 pembangkit nada yang bebeda, 1 pembangkit nada lengkingan dan 1 lagi pembangkit nada yang lebih rendah. 2 Nada yang dihasilkan tersebut dibuak saling berhubungan melalui pin 5 IC NE555. Teknik menggabungkan 2 nada yang berbeda pada rangkaian sirine polisi dengan IC NE555 ini adalah menumpangkan nada yang lebih rendah ke nada yang lebih tinggi (IC ke 2).

Pada dasarnya pembangkit nada IC NE555 pada rangkaian sirine polisi diatas adalan rangkaian multivibrator astabil dengan output gelombang kotak dengan frekuensi yang bebeda. IC 1 merupakan pembangkit nada yang lebih rendah dari pada IC2. Frekuensi yang lebih rendah pada pembangkit nada IC1 dapat diatur menggunakan VR1 47K kemudian frekuensi lengkingan dengan nada yang lebih tinggi pada pembangkit nada IC2 dapt diatur menggunakan VR2 100K. IC2 NE555 selain berfungsi untuk pmbangkit nada lengkingan, mencampur 2 nada yang bebeda juga berfungsi sebagai penggerak beban berupa loud speaker kecil. Untuk mendapatkan tekanan bunyi yang lebih keras dapat digunakan loud speaker dengan daya lebih besar dan menambahkan transistor pada output IC2 sebagai penguat sinyal.

cara membuat modul sirine, Cara membuat modul toa, rangkaian sirine, rangkaian sirine polisi, cara menggabungkan speaker, skema modul sirine, Rangkaian modul TOA, skema rangkaian sirine polisi, cara merakit modul toa, skema rangkaian sirine

Share Artikel : "Rangkaian Sirine Polisi Dengan IC NE555"

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Sirine Polisi Dengan IC NE555"

2+8= (Plus)