Rangkaian Saklar Sentuh Dengan IC 555

| Rating: 4.9 | Rangkaian Elektronika

Rangkaian saklar sentuh ini dapat dipasang pada pintu gudang atau pintu belakang runamh yang jarang digunakan. Fungsi saklar sentuh ini adalah untuk memberikan indikator apabila ada orang yang menyentuh kunci pintu lokasi tersebut. Cara kerja rangkaian saklar sentuh ini adalah akan membaca sentuhan tangan pada kunci pintu sebagai triger untuk mengaktifkan sistem saklar kemudian melalui saklar relay digunakan untuk mengaktifkan alarm. Gambar skema dan daftar komponen untuk membuat saklar sentuh dengan IC 555 dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Saklar Sentuh Dengan IC 555

Rangkaian Saklar Sentuh Dengan IC 555,skema Saklar Sentuh Dengan IC 555,membuat Saklar Sentuh Dengan IC 555,pcb Saklar Sentuh Dengan IC 555,membuat Saklar Sentuh Dengan IC 555,merakit Saklar Sentuh Dengan IC 555Saklar Sentuh Dengan IC 555 rakitan,alarm Saklar Sentuh Dengan IC 555,alarm sentuh dengan IC 555,cara buat Saklar Sentuh Dengan IC 555,cara pasang Saklar Sentuh Dengan IC 555,cara seting Saklar Sentuh Dengan IC 555,instalasi Saklar Sentuh Dengan IC 555,prinsip kerja Saklar Sentuh Dengan IC 555,rangkaian sklar sentuh,menghubungkan saklar sentuh ke alarm,mengatifkan alarm dengan sklar sentuh,memasang saklar sentuh di pintu,alarm untuk pintu gudang,alarm untuk pintu rumah,memasang alarm di gudang,fungsi Saklar Sentuh Dengan IC 555

Rangkaian saklar sentuh pada gambar diatas dibuat menggunakan IC NE555 yang diset sebagai timer dengan eksekutor berupa relay yang dikendalikan oleh transistor T1 2N3904. Relay pada rangkaian saklar sentuh ini dapat digunakan untuk menyalakan alarm DC maupun AC sesuai dengan alarm yang digunakan tau dapat juga digunakan untuk mengaktifkan sistem indikator yang lain sperti lampu atau alat perekam.

Prinsip kerja rangkaian saklar sentuh dengan IC NE555 ini dapat diuraikan sebagai berikut.

IC NE555 dirangkai sebagai timer dengan waktu ON ditentukan oleh konfigurasi R1, P1 dan C1. Untuk mengatur lamanya timer ON dapat diatur dengan mengubah nilai resistansi P1 dengan cara mengatur posisi tuas potensiometer P1. Timer IC NE555 ini diaktifkan dengan sinyal triger yang dihubungkan ke pelat logam pada kunci pintu. Sinyal triger tersebut berasal dari elektro statis pada tubuh manusia yang menyentuh pelat logam pada kunci yang terhubung ke rangkaian saklar sentuh ini. Apabila kunci disentuh menggunakan jari maka akan memberikan triger ke rangkaian timer IC NE555 sehingga timer ON dan mengaktifkan relay yang digunakan untuk menyalakan alarm sehingga alarm menyala selama beberapa saat.

Cara instalasi rangkaian saklar sentuh ini cukup mudah yaitu dengan menghubungkan jalur triger ke plat logam pada kunci pintu seperti pada gambar diatas dan menghubungkan alarm ke rangkaian saklar sentuh ini. kemudian sumber tegangan untuk rangkaian saklar sentuh ini dapat diberikan tegangan DC +12 volt yang diambil dari batere atau power supply 12 volt DC.

instalasi lampu tl, rangkaian saklar sentuh, rangkaian timer ic 555, rangkaian sensor sentuh, rangkaian ic 555, rangkaian saklar, cara memasang potensiometer, Membuat saklar sentuh, sensor sentuh, rangkaian ic ne555

Share Artikel : "Rangkaian Saklar Sentuh Dengan IC 555"

2 Komentar Untuk Artikel " Rangkaian Saklar Sentuh Dengan IC 555" »

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Saklar Sentuh Dengan IC 555"

4+8= (Plus)