Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat)

| Rating: 4.9 | Driver Motor, Peralatan Elektronika

Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat) ini berfungsi untuk melindungi motor kipas angin DC dari kondisi panas yang berlebihan atau over heat. Rangkaian proteksi kipas angin ini bekerja dengan mendeteksi temperature motor kipas angin DC menggunakan sensor suhu kemudian menggunakannya untuk mengendalikan kecepatan putaran motor kipas angin DC atau blower DC tersebut. Sensor suhu yang digunakan untuk mendeteksi temperature motor kipas angin tersebut adalah sebuah NTC (Negative Temperature Coeficient) yang ditempelkan pada bodi motor kipas angin tersebut. Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat) ini sangat sederhana, hanya dibangun dari sebuah MOSFET yang dikontrol dengan pembagi tegangan resistor dan NTC. Untuk membuat atau merakit “Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat)” ini dapat dilihat gambar skema rangkaian dan komponen yang digunakan pada gambar berikut.

Gambar Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat)

Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat),Gambar Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat),Daftar Komponen Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat),Rangkaian proteksi kipas angin,temperature motor kipas angin,mengatur kecepatan motor kipas angin,pengendalian kecepatan motor kipas angin,motor kipas angin,pengendali kipas angin DC,pelindung kipas angin DC,rangkaian pelindung panas kipas angin,mencegah panas pada blower,pelindung blower dari panas,alat proteksi panas pada blower,blower,kipas angin,harga kipas angin,jual blower,harga blower,cara seting motor kipas angin,buat alat pelindung kipas angin,buat rangkaian kontroler kipas angin,temperature kontroler kipas angin

Daftar Komponen Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat)

Prinsip kerja Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat) pada gambar diatas adalah mengatur kecepatan motor kipas angin berdasarkan temperature motor kipas angin tersebut. Proses pengendalian kecepatan motor kipas angin tersebut dilakukan dengan memberikan bias tegangan gate MOSFET melalui pembagi tegangan reseistor dan NTC kemudian MOSFET akan mengalirkan supply tegangan dari VCC (+12 volt DC) ke motor kipas angin melalui pin Drain (D) dan Source (S). Besarnya supply yang dialirkan oleh MOSFET pada motor kipas angin tersebut ditentukan oleh bias tegangan gate, dimana bias tegangan gate tersebut ditentukan oleh temperature motor kipas angin karena pembagi tegangan dibangun menggunakan NTC.

Dengan memasang “Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat)” ini maka motor kipas angin tidak akan mangalami panas yang berlebihan karena pada saat mulai akan panas kecepatan motor DC diturunkan sehingga temperature motor DC tidak menjadi panas.

skema rangkaian kipas angin, cara membuat blower, cara membuat blower sederhana, membuat blower sederhana, rangkaian ntc, cara kerja ntc, rangkaian pcb rc, rangkaian kipas, Alat las sederhana, rangkaian kipas angin otomatis

Share Artikel : "Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat)"

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Proteksi Kipas Angin Dari Panas (Over Heat)"

5+4= (Plus)