Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V

| Rating: 4.9 | Driver Motor, Peralatan Elektronika

Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V merupakan rangkaian elektronik sederhana yang berfungsi untuk mengendalikan kecepatan putaran kipas angin dengan sumber tegangan AC220 volt. Rangkaian pengatur kecepatan kipas angin ini dibangun menggunakan TRIAC dan DIAC sebagai komponen utamanya, dan sebuah potensiometer sebagai pengendali kecepatan putaran motor kipas angin tersebut. Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V ini bekerja seperti dimmer lampu AC, dimana supply tegangan ke motor kipas angin dikontrol menggunakan TRIAC melalui potensiometer. Rangkaian pengontrol kecepatan kipas angin ini sangat sederhana dan menggunakan komponen yang mudah diperoleh dipasaran sehingga dapat dibuat atau dirakit dengan mudah. Untuk membuat atau merakit “Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V” ini dapat dilihat gambar skema rangkaian dan komponen yang digunakan pada gambar berikut.

Gambar Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V

Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V,Gambar Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V,Daftar Komponen Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V,kecepatan putaran kipas angin,Rangkaian pengatur kecepatan kipas angin,pengendali kecepatan putaran motor kipas angin,pengontrol kecepatan kipas angin,harga pengontrol kecepatan kipas angin,membuat pengontrol kecepatan kipas angin,alat pengontrol kecepatan kipas angin,kit pengontrol kecepatan kipas angin,pengontrol kecepatan kipas angin rakitan,PCb pengontrol kecepatan kipas angin,pengontrol kecepatan kipas angin sederhana,cara buat pengontrol kecepatan kipas angin,merakit pengontrol kecepatan kipas angin,jual pengontrol kecepatan kipas angin,merakit pengontrol kecepatan kipas angin,komponen pengontrol kecepatan kipas angin,prinsip kerja pengontrol kecepatan kipas angin

Daftar Komponen Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V

T1 = Z0607
D1 = C312
R1 = 500KΩ
R2 = 37KΩ
C1 = 100NF

Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V pada gambar diatas bekerja secara anlog dengan cara mengatur supply tegangan motor kipas angin AC220V menggunakan TRIAC berdasarkan tegangan bias yang diberikan ke TRIAC tersebut melalui DIAC yang dikendalikan oleh potensiometer R1. Dimana semakin besar bias gate TRIAC  yang diberikan maka semakin besar pula level tegangan yang diberikan ke motor kipas angin, dan semakin kecil tegangan bias gate maka semakin rendah juga tegangan supply ke motor kipas angin.semakin besar tegangan supply ke motor kipas angin yang diberikan maka semakin cepat pula kecepatan putaran motor kipas angin dan sebaliknya akan semakin lambat putaran kipas angin apabila supply tegangan ke motor kipas angin diturunkan.

Perlu diketahui bahwa “Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V” ini bekerja pada tegangan listrik AC220 volt, sehingga jangan menyentuh jalur kelistrikan rangkaian pada saat rangkaian ini terhubung ke jaringan listrik AC220V tersebut.

pengatur kecepatan kipas angin, rangkaian pengatur kecepatan kipas angin, skema pengatur kecepatan motor ac, fungsi dimmer, rangkaian kipas angin 3 kecepatan, pengatur kecepatan dinamo, komponen scs sebagai piranti kontrol, gambar rangkaian kipas angin, cara kerja dimmer, pengatur kecepatan motor ac

Share Artikel : "Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V"

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Pengatur Kecepatan Kipas Angin AC220V"

2+4= (Plus)