Rangkaian Pengatur Kecepatan Fan (Kipas) DC Dengan Transistor

| Rating: 4.9 | Driver Motor

Rangkaian pengatur kecepatan fan (kipas) DC ini berfungsi untuk mengendalikan kecepatan putaran motor kipas DC yang dibangun menggunakan 2 buah transistor yang dirangkai secara darlington. Rangkaian Pengatur Kecepatan Fan (Kipas) DC Dengan Transistor ini dapat mengendalikan putaran kipas (fan) DC dari posisi diam hingga kecepatan maksimum fa DC tersebut. Rangkaian pengendali kecepatan fan DC ini sangat sederhana sehingga mudah untuk dibuat karena menggunakan komponen yang mudah diproleh dipasaran. Rangkaian pengendali kecepatan putaran kipas DC ini data dibuat atau dirakit menggunakan PCB yang kecil, untuk merakit “rangkaian pengontrol kecepatan fan (kipas) DC” ini dapat dilihat skema rangkaian dan komponen yang digunakan pada gambar berikut.

Gambar Rangkaian Pengatur Kecepatan Fan (Kipas) DC Dengan Transistor

Rangkaian Pengatur Kecepatan Fan (Kipas) DC Dengan Transistor,pengendali kecepatan kipas DC,alat kontrol kipas DC,mengontrol kecepata kipas DC,mengatur putaran kipas DC,kepatan kipas DC,alat kontrol kipas DC,pengendali kipas DC,skema kipas DC,memperbaiki kipas DC,cara buat pengontrol kipas motor,kipas DC,Kecepatan Fan (Kipas) DC,skema kipas DC

Rangkaian Pengatur Kecepatan Fan (Kipas) DC Dengan Transistor pada gambar diata dibangun dalam dalam 2 bagian yaitu bagian kendali bias basis transistor dan driver motor. Bagian kendali bias basia transistor ini berfungsi untuk mengatur level tegangan basis transistor BFY51 yang dirangkai darlinton dengan transistor TIP31. Besarnya tegangan bias basis ini dikontrol oleh potensiometer 10KOhm.  Bagian driver motor DC ini berfungsi sebagai pemberi tegangan supply ke motor DC berdasarkan tegangan bias basis yang diberikan ke rangkaian drive transistor BFY51 dan TIP31. Dioda 1N4148 pada rangkaian tersebut berfungsi sebagaia clamper untuk menlindungi transistor dari tegangan balik efek induksi dari motor DC.

Rangkaian Pengatur Kecepatan Fan (Kipas) DC Dengan Transistor dapat digunaklan untuk mengatur kecepatan putaran motor DC dengan arus maksimum 3 A. Sumber tegangan untuk mengoperasikan rangkaian pengatur kecepatan fa DC ini dapat menggunakan tegangan 3V hingga 40V tergantung dari tegangan kerja motor DC pada kipas yang digunakan.

rangkaian pengatur tegangan dc, pengatur fan radiator, rangkaian sederhana pengatur putaran motor dc 12 volt dg softstarting, dinamo kipas, rangkaian kecepatan menggunakan transistor, rangkaian dc fan, cara memperlambat putaran motor 12 vac, memperbaiki kipas angin maspion, data transistor/scr pada kipas angin, cara rakit kontlor kipas

Share Artikel : "Rangkaian Pengatur Kecepatan Fan (Kipas) DC Dengan Transistor"

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Pengatur Kecepatan Fan (Kipas) DC Dengan Transistor"

2+3= (Plus)