Rangkaian Pemancar FM Sederhana (Mini FM Transmitter)

| Rating: 4.9 | Rangkaian Radio

Rangkaian pemancar FM sederhana atau mini FM transmitter ini dapat beroperasi dengan sumber tegangan +3 volt dari 2 buah batere AA. Jarak pancaran sekitar 50 meter cukup baik untuk pemancar kecil dengan sumber tegangan +3 volt dari batere. Rangkaian pemancar FM sederhana ini dibangun dengan 2 buah transistor yang masing-masing berfungsi sebagai penguat microphone dan sebagai pemancar atau transmitter FM. Rangkaian pemancar FM mini ini diberi input dari sebuah microphone kondenser atau microphone electret. Rangkaian pemancar FM sederhana ini dapat dilihat beserta daftar komponen untuk membuat pemancar FM tersebut pada gambar dibawah.

Rangkaian Pemancar FM Sederhana (Mini FM Transmitter)

Rangkaian Pemancar FM Sederhana (Mini FM Transmitter),pemancar FM sederhana,rangkain mini FM transmitter,skema pemancar FM sederhana,rangkaian pemncar Fm sederhana,membuat pemancar FM sederhana,merakit pemancar FM sederhana,rangkaian pemancar FM mini,skema pemancar FM mini,pemnacar Fm mini,pemancar FM batere,pemancar FM dengan bater,pemancar FM 3 volt,rangkaian pemacar Fm dengan betere,skema pemancar Fm dengan batere,pemancar Fm 2 transistor,rangkaian pemancar fm 2 transistor,skema pemancar FM 2 transistor

NB: L1 adalah lilitan kawat email pada koker 1/4 inchi tanpa inti sebanyak 6-8 lilit dengan kawat email 0,4 mm

Rangkaian pemancar FM sederhana ini terdiri dari 2 bagian utama yaitu :

  • Bagian pre-amplifier microphone, bagian ini berfungsi sebagai penguat sinyal dari kondenser mic agar dapat di campur dengan frekuensi oscilator FM. Rangkaian pre-amp mic ini dibangun dengan transistor Q1 2N3904 berupa penguat tegangan 1 tingkat.
  • Bagian transmitter FM, bagian ini berfungsi sebagai pembangkit frekuensi carier FM sekaligus memancarkannya melaui antena. Rangkaian ini dibangun dengan oscilator 1 transistor Q2 2N3904 dengan frekuensi yang dapat diatur melalui C4. Untuk mendapatkan daya yang lebih dapat mengganti transistor Q2 2N3904 dengan 2N5088 tanpa mengubah nilai dan bentuk rangkaian yang ada.

Frekuensi kerja rangkaian pemancar FM sederhana ini berada pada band frekuensi radio 87 MHz hingga 108 MHz, untuk kondisi aman sebaiknya diset di range bawah dari penerima radio FM. Seting frekuensi kerja unutk rangkaian pemancar FM sederhana ini dilakukan dengan mengatur tuas kapasitor variabel (trimer kapasitor) C4 hingga diterima dengan baik pada range frekuensi FM tersebut. Rangkaian pemancar FM sederhana ini dapat diaplikasikan sebagai microphone wireless dengan penerima berupa radio penerima FM.

skema pemancar fm, pemancar fm sederhana, rangkaian pemancar fm sederhana, rangkaian radio fm sederhana, skema pemancar fm sederhana, skema ht, cara membuat rc car sederhana, skema pemancar radio fm, pemancar fm mini, cara membuat antena radio fm

Share Artikel : "Rangkaian Pemancar FM Sederhana (Mini FM Transmitter)"

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Pemancar FM Sederhana (Mini FM Transmitter)"

1+3= (Plus)