Rangkaian Pemancar FM 2SC1971 + VCO

| Rating: 4.9 | Rangkaian Radio

Rangkaian pemancar FM pada gambar dibawah merupakan pemnacar FM yang dilengkapi dengan VCO dan power transmitter dengan transistor 2SC1971. Rangkaian pemancar FM 2SC1971 + VCO pada gambar berikut telah dilengkapi dengan rangkaian power supply transistor dan siap dirakit dalam PCB. Rangkaian pemancar FM ini menggunakan teknologi VCO (Voltage Control Oscilator) untuk menentukan frekuensi kerja rangkaian pemancar FM tersebut. Frekuensi kerja pemancar FM 2SC1971 + VCO ini dapat di set pada range frekuensi 88 MHz sampai 108 MHz. Rangkaian utama VCO pada pemancar FM ini adalah dioda varaktor. Rangkaian pemancar FM ini dapat langsung diberi input sinyal audio dari output pengatur nada atau dari output penguat depan audio (pre amp). Rangkaian pemancar FM ini menggunakan power transmitter berupa transistor 2SC1971 dan memiliki daya pancar 10 Watt. Rangkaian lengkap dan daftar komponen dari pemancar FM 2SC1971 + VCO ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Pemancar FM 2SC1971 + VCO

Rangkaian Pemancar FM 2SC1971 + VCO,skema pemancar FM lengkap,rangkaian pemncar fm lengkap,rangkaian pemancar fm vco,rangkaian vco pemancar fm,skema vco pemncar fm,pemancar fm 2sc1971,rangkaian fm 2sc1971,gambar rangkaian pemancar fm,pemancar fm 10w,rangkaian pemancar fm 10w

Rangkaian pemnacar FM 2SC1971 + VCO ini dpa diuraikan dalam beberapa bagian sebagai berikut.

Rangkaian VCO untuk pemancar FM diatas adala konfigurasi rangkaian pembagi tegangan R470 Ohm dan VR 5 KOhm dan dioda varaktor. Rangkaian VCO ini mengatur nilai kapasitansi dioda varaktor sebgai rangkaian tank circuit pada rangkaian oscilator pemncar.

Rangkaian oscilator dan rangkaian mixer menjadi satu dan mengunakan penguat transistor 2SC829. Frekuensi kerja oscilator ditentukan oleh kapasitansi dioda varaktor pada rangkaian VCO. Sehingga frekuensi kerja rangkaian dapat diatur menggunakan VR 5 Kohm pada bagian VCO. Pada bagian ini sekaligus berfungsi sebagai mixer antar sinyal audio dan frekuensi pembawa (carrier) dari oscilator.

Rangkaian penguat awal ini menggunakan transistor 2SC829 dan berfungsi untuk menguatkan sinyal sebagai input untuk rangkaian driver sampai dengan rangkaian power transmiter. Rangkaian driver pemancar FM ini dibangu secar bertingkat secara berturut-turut dari transistor 2SC2053 kemudian transistor 2SC1970.

Rangkaian power transmitter atau serin disebut rangkaian final pemancar FM ini menggunakan transistor power 2SC1971 dan mampu meberikan daya pancar FM sebesar 10 Watt.

Pada bagian driver dan final transmiter Fm dilengkapi dengan trimer yang berfungsi untuk mengatur ketepatan impedansi (matching) antar tiap bagian sehingga diperoleh penyerapan daya maksimal pada tiap bagian untuk dipancarkan ke antena. Pengaturan trimer ini wajib dilakukan untuk menghiondari terjadinya kebocoran pancaran.

Rangkaian Pemancar FM, rangkaian pemancar radio fm, osilator fm, Skema pemancar tr 1971, tr 1971, Persamaan transistor c1971, gambar rangkaian vco, gambar rangkaian pendeteksi pemancar fM, skema pemancar fm 10 watt, pemancar radio fm

Share Artikel : "Rangkaian Pemancar FM 2SC1971 + VCO"

3 Komentar Untuk Artikel " Rangkaian Pemancar FM 2SC1971 + VCO" »

  • Akhmad kosasih says:

    saya sangat berminat dgn rangkaian fm transmiter dgn vco … saya berharap bisa dapatkan pcb kitnya…pasti ada feedback/harganya brp? thx.

  • Jangsapi says:

    Terima kasih atas gambar skemanya.
    Kalo ada kit-nya yang sudah tersedia,kita tinggal pesan aja ya.
    Terima kasih.

  • أحمد موليادى says:

    Ya mas broo.. dulu saya juga pernah membuat rangkaian pemancar radio Fm kaya gitu.. tapi saya menggunakan transistor 2SC2053 dan 2SC1970 Merek Mitsubishi

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Pemancar FM 2SC1971 + VCO"

2+4= (Plus)