Rangkaian Inverter 12 V DC Ke +/- 30 V DC

| Rating: 4.9 | Converter

Rangkaian inverter DC to DC ini dapat digunakan untuk mengubah tegangan DC 12 volt dari accumulator mobil menjadi tegangan DC simetris ± 30 volt yang dapat digunakan untuk mensupply power amplifier mobil OCL 500 watt. Rangkaian inverter DC 12V ke DC ±30V ini menggunakan power MOSFET 4 buah tipe MTP75N06 dengan pembangkit pulsa dari IC khusus multivibrator tipe SG3525. Rangkaian inverter DC ke DC seperti pada gambar dibawah merupakan pengganti power supply simetris untuk memberikan sumber tegangan DC simetris pada power amplifier mobil yang membutuhkan sumber tegangan DC simetris. Gambar rangkaian dan daftar komponen untuk membuat inverter DC 12 volt ke DC simetris ± 30 volt dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Inverter 12 V DC Ke +/- 30 V DC

Rangkaian 12V DC To ±30V DC Inverter,Rangkaian inverter DC 12V ke DC ± 30V,skema inverter DC 12V ke DC ± 30V,PCB inverter DC 12V ke DC ± 30V,harga inverter DC 12V ke DC ± 30V,membuat inverter DC 12V ke DC ± 30V,merakit inverter DC 12V ke DC ± 30V,inveter DC ke DC simetris,rangkaian inveter DC ke DC simetris,skeam inveter DC ke DC simetris,membuat inveter DC ke DC simetris,merakit inveter DC ke DC simetris,harga inveter DC ke DC simetris,jual inveter DC ke DC simetris,kit inveter DC ke DC simetris,modul inveter DC ke DC simetris,rangkaian 12V DC To ±30V DC Inverter,skema 12V DC To ±30V DC Inverter,PCB 12V DC To ±30V DC Inverter,modul 12V DC To ±30V DC Inverter,kit 12V DC To ±30V DC Inverter,harga 12V DC To ±30V DC Inverter,beli 12V DC To ±30V DC Inverter,membuat 12V DC To ±30V DC Inverter,merakit12V DC To ±30V DC Inverter,gambar rangkaian 12V DC To ±30V DC Inverter,mengubah tegangan DC 12 volt ke DC simetris 30 volt,mengubah tegangan DC 12 volt ke +/- 30 volt,mengubah tegangan DC aki mobil menjadi tegangan DC simetris

Rangkaian inverter DC 12 volt ke DC simetris ± 30 volt diatas pada dasarnya mengubah tegangan DC 12 volt menjadi tegangan AC 2 phase 30 volt kemudian menyearahkan kembali tegangan AC tersebut menjadi tegangan DC simetris ± 30 volt. Pada dasarnya rangkaian inverter DC ke DC pada gambar diatas terdiri dari beberapa bagian untuam sebagai berikut.

  • Bagian pembangkit pulsa, bagian ini berfungsi untuk membangkitkan pulsa yang saling komplemen pada kedua outputnya untu memberikan tegangan driver ke rangkaian switching MOSFET agar dapat menginduksi transformer inverter. Bagian ini dibangun menggunakan IC pembangkit pulsa SG3525.
  • Bagian switching, bagian ini berfungsi untuk memberikan tegangan induksi ke transformer dengan cara menginduksi masing-masing kutup transformer secara bergantian. Bagian ini terdiri dari 2 set MOSFET yang diparallel dan bekerja secara bergantian sesuai pulsa dari IC SG3525. Rangkaian switching dibangun dengan 4 buah MOSFET tipe MTP75N06.
  • Transformer step-up, bagian ini berfungsi untuk menaikan tegangan DC 12 volt menjadi tegangan AC 2 phase 30 volt pada ouput transformet dengan CT.
  • Bagian rectifier, bagian ini berfungsi untuk mengubah tegangan AC 2 phase tersebut menjadi tegangan DC simetris ± 30 volt. Komponen yang digunakan pada bagian rectifier adalah dioda beridge dan kapasitor electroli (elco).

Rangkaian inverter DC 12 volt ke DC simetris ± 30 volt ini dapat digunakan untuk memberikan supply tegangan ke power amplifier mobil 500 watt OCL dari accumulator mobil.

inverter dc to dc, inverter dc ke dc, skema inverter dc to dc, skema inverter mobil, rangkaian inverter dc to dc, skema inverter dc ke dc, skema inverter power mobil, skema converter dc to dc, rangkaian dc to dc converter, cara membuat inverter dc ke dc

Share Artikel : "Rangkaian Inverter 12 V DC Ke +/- 30 V DC"

12 Komentar Untuk Artikel " Rangkaian Inverter 12 V DC Ke +/- 30 V DC" »

  • haerudin says:

    bagus juga rangkaiannya inverter 12 to 30 volt boleh saya miliki ..mengenai trafo mengunakan apa yaa.trima dan kasih

  • dhebo says:

    saya juga mau tapi masih belajar nama nama komponennya ga tau tolong minta daptar komponennya kirim ke email diatas sebelumnya terimakasih semoga terus berkarya dan maju

  • unyil says:

    Saya pernah mempunyai masalah ketika memasang PLTS.

    Skemanya begini :
    Panel surya — 12VDC s/d 19VDC–> kontroller —12VDC–> battery 12VDC/120AH—> inverter DC-AC —220VAC—> adaptor —48VDC/1,5A—> perangkat (kamera cctv dll).

    Dari panel sampai ke battery tidak ada masalah, karena kontroller bisa mengisi battery sampai penuh.

    Masalahnya adalah : Output battery tidak mampu menyuplai kebutuhan perangkat karena habis di inverter. Jadi perangkat hanya bisa menyala sekitar 3-4 jam/hari. Saya lupa spesifikasi dan merk inverter yg dipakai.

    Yang ingin saya tanyakan, bisa nda, membuat perangkat untuk menaikan tegangan 12VDC ke 24VDC/1,5A atau 48VDC/1,5A dari battery 12V/120AH. Karena asumsi saya kenapa merubah DC ke AC untuk kemudian dirubah lagi menjadi DC, jika bisa menaikkan tegangan DC-nya.

    kalaupun ada, dimana saya bisa membeli inverter tersebut. Thanks

  • ink says:

    klo mau pesan pcb ada thx

  • rma music says:

    kalok merubah 12V DC agar menjadi 75V DC bisa apa g gan,,,?

  • indra maulana says:

    salam,
    saya mau tanya. mas punya rangkaian converter DC-DC step down. 220->12 V DC. dari generator DC di ke batrein.

  • Wong Ndeso says:

    Nanyak Gan:Saya sudah coba bikin Dari 12v ke -32 +32.hasil bagus.tapi setelah saya coba -+1 jam.kog lampu remotnya nyala,teggangan output nol.padahal komponen lain-lain tidak ada yg terbakar.dan teggangan input normal 12v.simpelnya bisa dinyalakan,lampu power nyala.-+1 menit,lampu remot nyala,dan lampu power mati.kira-kira yang rusak dibagian apanya gan?…terima kasih jawabanya.

  • puput says:

    Mas mau tanya. Kalo saya mau bikin dc dc converter step up 8v ke 12 volt. Tipe komponen yg harus dipakai apa ya?

  • Alief M. irfa'i says:

    saya sudah mencoba di truk teman saya dan suaranya mantapps brow,tapi saya bingung dengan line input (rem) itu diisi apa,??
    tapi itu langsung saya jumper dengan 12v aki,apakah benar,???

  • Panji Azmara says:

    Om …. bgm menurunkan arus 48v ct ke 42v ct, tanpa harus merubah lilitan, dan berapa lilitan yg dikurangi bila harus membongkar sekunder email agar menjadi 42v ct travo 20A

  • Ruswanto.thea says:

    saya pernah mencoba merakit power ampli yang teganganya 24v saya naikan menjadi 30v,ternyata transistor kebakar.gimana ya supaya power kuat jika tegangan di naikan menjadi 30v

  • putra says:

    siang om, mau tanya masalah trafonya
    itu trafonya jumlah lilitan sekuknder dan premiernya berapa om ?

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Inverter 12 V DC Ke +/- 30 V DC"

3+9= (Plus)