Rangkaian Driver Motor DC H-Bridge Transistor

| Rating: 4.9 | Driver Motor

Rangkaian kendali motor DC dapat dibuat secara direct maupun h-bridge. Rangkaian driver motor DC pada gambar dibawah adalah driver motor DC H-Bridge dengan transistor. Driver motor DC H-Bridge adalah sistem kontrol motor DC dengan metode jembatan (bridge). Rangkaian driver pada gambar dibawah menggunakan transistor sebagai saklar elektronik dengan 2 jalur input. Rangkaian driver motor DC H-Bridge ini dapat mengendalikan motor DC dalam 2 arah baik secara PWM maupun kontrol dengan logika HIGH dan LOW. Dengan metode PWM kita dapat mengendalikan kecepatan putaran motor DC sedangkan dengan metode logika kontrol HIGH dan LOW maka motor selalu start dalam kecepatan maksimal. Rangkaian driver motor DC H-Bridge dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Driver Motor DC H-Bridge Transistor

Rangkaian Driver Motor DC H-Bridge Transistor,driver motor dc h-bridge,rangkaian driver motor dc h-bridge,skema driver motor dc h-bridge,membuat driver moto dc h-bride,dirver h-bridge motor dc,rangkaian driver motor DC h-bridge,driver motor dc h-bridge 2 input,driver motor DC pwm,teknik pwm untuk motor dc,skema driver motor dc h-bridge pwm,skema driver motor dc h-bridge transistor,driver h-bridge transistor

Rangkaian driver motor DC H-Bridge diatas sedikit berbeda dengan driver motor DC H-Bridge yang lain. Perbedaan tersebut terletak pad bias basis transistor kedua yang diberikan bias basis melalui kolektor transistor saklar pertama. Maksudnya adalah, transistor TIP102 mendapat bias basis dari transistor TIP107 melalui resistor R 470 Ohm.

Proses driver motor DC menggunakan rangkaian dirver motor DC H-bridge diatas dimulai pada saat input forward atau reverse diberikan logika HIGH dan LOW. Apabila ingin menggerakan motor DC secara forward maka jalur input forward diberi logika HIGH dan jalur iput reverse diberi logika LOW sehingga TR1 mendapat bias basis dari transistor BC337 sehingga TR1 ON dan TR4 mendapat bias dari TR1 sehingga ON juga, dengan kondisi ini sumber tegangan untuk motor DC mengalir melalui TR1 kemudian ke motor DC terus ke ground melalui TR4. Kemudian untuk menggerakan motor DC secara reverse maka jalur input forward diberi logika LOW dan jalur input reverse diberi input HIGH sehingga transistor yang ON adalah TR3 dan TR4 sehingga motor DC mendapat sumber tegangan dari TR3 kemudian menglir ke motor DC teru ke ground melalui TR2.

Untuk dapat mengatur kecepatan motor DC maka logika HIGH pada jalur input ataupun reverse diganti dengan pulsa PWM yang dapat diatur nilai duty cycle-nya. Dengan input HIGH berupa pulsa PWM maka rangkaian driver motor DC H-Bridge dengan transistor diatas dapat mengendalikan kecepatan motor DC.

driver motor dc dengan transistor, gambar fisik Driver Motor DC H-Bridge Transistor, rangkaian pcb driver motor dc, rangkaian untuk penggerak motor servo

Share Artikel : "Rangkaian Driver Motor DC H-Bridge Transistor"

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Driver Motor DC H-Bridge Transistor"

3+8= (Plus)