Rangkaian Driver Motor DC Bidirectional

| Rating: 4.9 | Driver Motor

Rangkaian driver motor DC pada gambar rangkaian berikut dapat digunakan untuk driver motor DC dan dapat mengendalikan arah putarnya dalam 2 arah dengan kecepatan putaran motor DC dapat diatur. Rangkaian driver motor DC dibawah cukup sederhana dan dibangun dengan sebuah rangkaian komparator tegangan Op-Amp IC 741 dan sepasang transistor driver NPN dan PNP. Rangkaian driver motor DC pada gambar berikut dapat bekerja pada tegangan sumber simetris ± 9 volt dan beban motor DC 6-9 volt. Rangkaian motor DC secara detil dapat dilihat pada gambar rangkaian berikut.

Rangkaian Driver Motor DC Bidirectional

Rangkaian Driver Motor DC Biderectional,skema driver motor dc,driver motor dc 2 arah,driver motor dc sederhana,rangkaian driver motor dc analog,skema driver motor dc sederhana,pengotrol kecepatan motor dc,pengatur arah putar motor dc,membuat kontrol motor dc,membuat drviver motor dc,mengatur arah putar motor dc,mengatur kecepatan putar motor dc,driver motor dc 9 volt

Rangkaian driver motor DC sederhana diatas dapat mengendalikan arah putar motor DC dan mengendalikan kecepatan putaran motor DC. Driver motor DC diatas terdiri dari bagian komparator dan power driver motor DC.

Bagian komparator berfungsi memberikan sinyal kontrol ke transistor power driver. Pada saat tegangan kontrol (pin 3) lebih tinggi dari tegangan pada pin 2 IC 741 maka komparator tegangan IC 741 akan memberikan output tegangan dengan level positif, sehingga akan memberikan bias maju pada transistor Q1 dan bias mundur pada transistor Q2. kemudian pada saat tegangan pin 3 lebih rendah dari tegangan pin 2 maka komparator IC 741 akan meberikan output dengan level negatif, sehingga transistor Q2 mendapat bias maju dan transistor Q1 mendapat bias mundur.

Transistor yang digunakan sebagai driver motor DC adalah transistor tipe TIP31 untuk Q1 dan TIP32 untuk Q2. Pada saat Q1 mendapat bias maju dan Q2 dengan bias mundur maka motor DC mendapat sumber arus positif melalui Q1 sehingga motor DC bergerak searah jarum jam. Kemudian pada saat Q2 mendapat bias maju dan Q1 dengan bias mundur motor DC mendapat sumber tegangan negatif sehingga motor DC bergerak berlawanan arah jarum jam.

Besar kecilnya tegangan bias basis Q1 dan Q2 pada rangkaian driver motor DC bidirectional diatas akan mempengaruhi kecepatan putaran motor DC. Kontrol tegangan bias transistor tesebut dilakukan oleh VR1 pada rangkaian drver motor DC bidirectional tersebut.

cara membuat remote control sederhana, membuat remote control sederhana, rangkaian driver motor dc, cara membuat remot control sederhana, skema pengatur kecepatan motor dc, rangkaian pengatur arus dc, membuat handy talky sederhana, cara membuat handy talky sederhana, driver motor dc, rangkaian driver motor

Share Artikel : "Rangkaian Driver Motor DC Bidirectional"

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Driver Motor DC Bidirectional"

0+6= (Plus)