Rangkaian Detektor Kebohongan (Lie Detector) Sederhana

| Rating: 4.9 | Rangkaian Elektronika

Rangkaian detektor kebohongan atau lebih dikenal sebagai lie detector adalah rangkaian elektronika yang berfungsi untuk mengidentifikasi seseorang pada saat diinterogasi, apakah dia berbohong atau tidak. Ada 2 jenis metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kebohongan seseorang pada saat diinterogasi, yaitu dengan memonitor detak jantung dan memonitor resistansi kulit. Rangkaian lie detector pada gambar dibawah merupakan rangkaian detektor kebohongan dengan metode mengukur resistansi kulit yang akan terpengaruh oleh peredaran darah pada kulit tersebut. Rangkaian detektor kebohongan atau lie detector pada artikel ini sangat sederhana dan dapat bekerja walaupun tidak seakurat dengan alat detektor kebohongan (lie detector) profesional yang dimiliki penyidik. Untuk membuat rangkaian detektor kebohongan sederhana ini dapat dilihat skema rangkaian lie detecktor sederhana dan daftar komponen yang digunakan sebagai berikut.

Gambar Rangkaian Detektor Kebohongan (Lie Detector) Sederhana

Rangkaian detektor kebohongan,lie detector,Rangkaian lie detector,alat detektor kebohongan (lie detector),rangkaian detektor kebohongan sederhana,Rangkaian Detektor Kebohongan (Lie Detector) Sederhana,Komponen Rangkaian Detektor Kebohongan (Lie Detector) Sederhana,Rangkaian detektor kebohongan (lie detector),Rangkaian detektor kebohongan (lie detector) sederhana,mengoperasikan rangkaian detektor kebohongan,harga lie detector,alat lie detector,jual v,skema lie detector,kit lie detector,membuat lie detector,merakit lie detector,lie detector sederhana,simple lie detector,cara buat lie detector,prinsip kerja lie detector,komponen lie detector,sensor lie detector,tipe lie detector

Daftar Komponen Rangkaian Detektor Kebohongan (Lie Detector) Sederhana

  • R1 = 33K
  • R2 = Potensiometer 5K
  • R3 = 1.5K
  • C1 = 1uF/16V
  • Q1 = 2N3565
  • M1 = Meter analog 0-1 mA

Rangkaian detektor kebohongan (lie detector) sederhana pada gambar diatas sangat sederhana dan dibangun hanya dengan 1 komponen aktif transistor Q1 tipe 2N3565. Rangkaian lie detector ini disuplay dengan sumber tegangan simetris ± 4,5 volt DC dari 6 buah batere 1,5 volt. Pada rangkaian detektor kebohongan diatas terdapat potensiometer R1 yang berfungsi untuk kalibrasi jarum meter agar menunjuk posisi 0. Rangkaian detektor kebohongan (lie detector) ini akan menunjukan simpangan jarum penunjuk pada meter pada saat di gunakan. Simpangan yang ditunjukan meter tersebut menrupakan resistansi kulit manusia yang dipengarusi oleh aliran darah yang berdenyut sesuai irama denyut jantung. Pada saat manusia tidak bebohong maka simpangan jarum meter akan stabil dan kontinyu sesuai denyut jantung yang stabil, dan pada saat seseorang berbohong maka simpangan jarum meter akan menyimpang kuat dan simpangan tidak stabil karena detak jantung juga tidak stabil.

Untuk mengoperasikan rangkaian detektor kebohongan sederhana ini dapat dilakukan dengan menghubungkan kedua probe ke jari tangan kanan dan jari tangan kiri. Kemudian memberikan sumber tegangan ke rangkaian dan mengamati simpangan jarum meter pada saat melakukan interogasi. Terminal probe dapat menggunakan terminal model aligator agar mudah dalam penggunaan.

alat pendeteksi kebohongan sederhana, rangkaian pendeteksi kebohongan, rangkaian detektor kebohongan, rangkaian alat pendeteksi kebohongan, cara membuat lie detector, Rangkaian lie detector, Rangkaian elektronika?, Skema pendeteksi orang berbohong, skema perancangan pendeteksi kebohongan sederhana, skema protector apex ic 555

Share Artikel : "Rangkaian Detektor Kebohongan (Lie Detector) Sederhana"

1 Komentar Untuk Artikel " Rangkaian Detektor Kebohongan (Lie Detector) Sederhana" »

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Detektor Kebohongan (Lie Detector) Sederhana"

0+3= (Plus)