Rangkaian Charger Batere Basah (Aki) Otomatis Dengan TRIAC

| Rating: 4.9 | Power Supply

Rangkaian charger pada gambar angkaian dibawah berfungsi untuk mengisi muatan batere basah (accumulator/aki) hingga penuh dan dapat memutuskan proses pengisian secara otomatis. Rangkaian charger batere ini sedikit berbeda dengan charger batere (accumulator/aki) pada umumnya. Rangkaian charger ini menggunakan SCR sebagai kontrol arus pengisian muatan listrik ke batere secara otomatis. Rangkaian charger batere dengan SCR ini cukup sederhana dan mudah dibuat. Gambar skema dan daftar komponen untuk membuat rangkaian charger batere basah otomatis dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Charger Batere Basah (Aki) Otomatis Dengan TRIAC

Rangkaian Charger Batere Basah (Aki) Otomatis Dengan TRIAC,skema charger aki,membuat charger aki,merakit charger aki,harga charger aki,jual charger aki,charger accumulator,rangkaian charger accumulator,membuat harga charger accumulator,skema charger accumulator,PCB charger accumulator,charger accumulator dengan TRIAC,rangkaian charger accumulator dengan TRIAC,skema charger accumulator dengan TRIAC,PCB charger accumulator dengan TRIAC,membuat charger accumulator dengan TRIAC,merakit charger accumulator dengan TRIAC,charger batere basah,harga charger batere basah,jual charger batere basah,beli charger batere basah,alat charger batere basah,membuat alat charger batere basah,rangkaian charger batere basah,skema charger batere basah,PCB charger batere basah,merakit charger batere basah,cara membuat charger batere basah

Daftar Komponen Rangkaian Charger Batere Basah (Aki) Otomatis Dengan TRIAC

Komponen
Jumlah
Nilai Komponen
R1, R3 2 330 Ohm
R2 1 100 Ohm
R4, R5, R7, R8 4 82 Ohm 2W
R6 1 100 Ohm
R9 1 1K
C1 1 220uF 25V
D1 1 5A
D2 1 1N4004 Diode
D3 1 5.6V
D4 1 LED
Q1 1 BT136
Q2 1 BRX49
T1 1 12V 4A
F1 1 3A
S1 1 SPST , 120VAC 5A

Rangkaian charger batere basah (accumulator/aki) diatas terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut.

Bagian rectifier, bagian ini berfungsi sebagai penyearah tegangan AC menjadi tegangan DC sekaligus sebagai power charger. Komponen utama bagian ini adalahTRIAC Q1. TRIAC pada bagian ini berfungsi untuk mengalirkan arus pengisian batere dari sumber tegangan.

Bagian kontrol, bagian ini befungsi memonitor level tegangan dan arus pengisian batere. Pada saat arus pengisian turun dan level tegangan batere naik sebagai indikasi batere penuh maka bagian ini akan memutuskan arus pengisian. Bagian kontrol ini disusun oleh konfigurasi SCR Q2 dan pembagi tegangan R1, R2 dan R3.

Bagian indikator, bagian ini berfungsi untuk memberikan indikator bahwa proses pengisian muatan ke batere telah penuh. Komponen utama bagian ini adalah LED yang akan menyala pada saat batere telah penuh dan proses pengisian telah dihentikan secara otomatis.

rangkaian charger aki otomatis, rangkaian cas aki otomatis, rangkaian led 12v, charger aki otomatis sederhana, rangkaian cas aki mobil otomatis, skema rangkaian charger aki otomatis, Skema charger accu otomatis, cara membuat charger accu otomatis, charger accu otomatis, rangkaian charger aki otomatis sederhana

Share Artikel : "Rangkaian Charger Batere Basah (Aki) Otomatis Dengan TRIAC"

7 Komentar Untuk Artikel " Rangkaian Charger Batere Basah (Aki) Otomatis Dengan TRIAC" »

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Charger Batere Basah (Aki) Otomatis Dengan TRIAC"

5+6= (Plus)