Rangkaian Boster Antena TV UHF

| Rating: 4.9 | Rangkaian Radio

Rangkaian boster antena TV UHF ini berfungsi untuk menguatkan penerimaan sinyal oleh antena televisi UHF. Rangkaian boster antena TV UHF ini cukup sederhana dan hanya menggunakan penguat tegangan dengan 1 transistor. Rangkaian boster antena televisi UHF ini bekerja pada range frekuensi radio 400 – 800 MHz. Impendansi input dan output rangkaian boster antena TV UHF pada gambar dibawah adalah 75 Ohm. Rangkaian boster antena televisi UHF ini bekerja dengan sumber tegangan +12 volt DC. Rangkaian boster antena sering digunakan untuk televisi di daerah yang jauh dari pemancar televisi. Gambar rangkaian dan daftar komponen untuk membuat rangkaian boster antena TV UHF ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Rangkaian Boster Antena TV UHF

Rangkaian Boster Antena TV UHF,rangkaian boster TV,rangkaian boster antena,skema boster TV,skema boster antena,boster antena UHF,skema boster antena UHF,rangkaian boster antena UHF,membuat boster antena TV,rangkaian boster antena TV UHF,skema boster antena TV UHF,rangkaian boster antena UHF,skema boster antena UHF,merakit boster antan UHF,menguatkan sinyal TV,mengatasi sinyal TV yang lemah,menguatkan sinyal TV,harga boster antena,jual boster TV,beli boster TV,contoh boster TV,gambar rangkaian boster TV

Rangkaian boster antena TV UHF diatas cukup sederhana, dengan sedikit komponen pasif dan sebuah penguat tegangan dengan 1 transistor. Rangkaian boster antena ini sederhana tetapi perlu ketelitian dalam pembuatan nya, terutama dalam pembuatan PCB dan penyolderan komponen. Hal ini karena boster antena TV ini bekerja pada frekuensi tinggi.

Nilai L1, L2, L3 dan L4 untuk rangkaian boster antena TV UHF diatas dibuat dengan koker 3mm tanpa inti (inti udara) dan koker inti ferit, dimana banyaknya lilitan adalah :

  • L1, L2 = 2 gulung dengan kawat email 0,5 mm pada koker 3 mm tanpa inti .
  • L3, L4 = 10 gulung dengan kawat email 0,2 mm pada koker 3 mm inti ferit.

Setelah selesai perakitan perlu dilakukan seting bias tegangan basis transistor 2SC3358 dengan mengatur P1 5 KOhm kemudian mengukur tegangan pada titik pertemuan R1 dan R2 menjadi 0,85 volt. Apabila terkendala dalam mendapatkan transistor 2SC3358 maka transistor tersebut dapat diganti dengan transistor 2SC3355.

Rangkaian boster antena TV UHF ini perlu di tutup dengan kotak alumunium yang terhubung ke ground rangkaian boster antena TV UHF tersebut, hal ini bertujuan untuk mengamankan rangkaian boster antena ini dri interferensi gelombang elektromagnetik dari luar selain sinyal pancara TV.

pcb boster satu transistor, skema booster tv, rangkaian tv, skema boster antena tv, rangkaian antena uhf, Rangkaian booster antena tv, Skema booster uhf, skema rangkaian antena tv uhf, skema boster tv sederhana, skema penguat sinyal tv uhf

Share Artikel : "Rangkaian Boster Antena TV UHF"

Buat Pesan Untuk Artikel "Rangkaian Boster Antena TV UHF"

4+4= (Plus)